Potensi diri
1.
Kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensi,
kemampuan abtraksi, logika dan daya tangkap.
2.
Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian,
efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan.
3.
Kepribadian , yaitu pola menyeluruh semua
kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang baik jasmaniah, rohaniah,
emosional maupun sosial yang ditata dalam cara khas. Kemampuan ini terdapat
pada pencipta lagu dan penyanyi.
Menurut
”Howard Gardher” potensi yang terpenting
adalah intelegensi linguistik, intelegensi yang menggunakan dan mengolah
kata-kata, baik lisan maupun tulisan secara efektif. Intelegensi ini antara
lain dimiliki oleh para sastrawan, editor, dan jurnalis.
Itelegensi
matematis-logis kemampuan yang berkaitan dengan penggunaan bilangan pada
kepekaan pola logika dan perhitungan. Itelegensi ruang, kemampuan yang
berkenaan dengan kepekaan mengenal bentuk
dan benda secara tepat serta kemampuan menangkap dunia visual secara cepat,
kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para arsitek, dekorator dan pemburu.
Intelegensi
kinetik-badani, kemampuan menggunakan gerak tubuh untuk mengekpresikan gagasan
dan perasaan . Kemampuan ini dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlit dan
ahli bedah.
Intelegensi
musikal, kemampuan untuk mengembangkan, mengekpresikan dan menikmati
bentuk-bentuk musik dan suara . Kemapuan ini terdapat pada
pencipta lagu dan penyanyi . Intelegensi interpersonal, kemampuan seseorang
untuk mengerti dan menjadi peka terhadap motivasi dan watak , temperamwen orang lain seperti yang dimiliki oleh seorang
motivator dan Widyaiswara.
Intelegensi
intrapersonal, kemampuan seseorang dalam mengenal dirinya sendiri.kemampuan ini
berkaitan dengan kemampuan berefleksi (merenung) dari keseimbangan diri. Intelegensi
naturalis, kemampuan seseorang untuk
mengenal alam, flora faauna dengan baik. Intelegensi eksistensial, kemampuan
seseorang menyangkut kepekaan menjawab persoalan-persoalan terdalam keberadaan manusia, seperti apa
makna hidup, mengapa manusia harus diciptakan
dan mengapa kita hidup akhirnya mati.
No comments:
Post a Comment